5 súndanska matvæli sem láta tunguna hrista

Soal kuliner, tiap daerah di Nusantara punya daya tarik masing-masing. Tak terkecuali dengan daerah Jawa Barat. Romantisme dan eksotisme Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat tidak akan lepas dari esensi budaya tradisional suku Sunda. Meski Bandung telah bergeliat menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia, Bandung tetaplah kota Paris van Java yang kental akan tradisi dan budaya Sunda, tak terkecuali dalam soal kulinernya.

Semua orang pasti sepakat bahwa Bandung memang pantas dijuluki surga kuliner saking bertebarannya menu-menu unik, lezat, dan tentunya menggugah selera disana. Meski makanan Sunda berikut ini bisa ditemui di banyak tempat, jangan sampai terlewat untuk menikmati kuliner otentiknya saat kamu main ke Tanah Priangan. Apa saja Helvítið makanan khas Jawa Barat ini? Intip bareng-bareng, Láttu ekki svona!

Lestu meira

1. Lakukan Diet dengan makan Gado-gado khas Sunda

copyright by resepmasakanindonesianew.blogspot.co.id

Makanan yang terdiri dari bahan dasar sayur-sayuran segar yang dicampur saus kacang ini mirip pecel seperti yang dengan mudah bisa ditemukan di kota-kota lain. Gado-gado adalah menu yang terdiri dari rebusan sayur-sayuran segar seperti bayam, tauge, kacang panjang, kangkung yang disiram dengan sambal kacang.

Uniknya, bumbu saus kacang itu juga sering ditambahkan tempe. Bumbu yang diulek untuk dicampur dalam gado gado adalah bawang putih, terasi, sedikit kencur, gula merah dan garam. Semuanya diulek mentah dan segar. Gado-gado memiliki citarasa lebih manis daripada pecel. Gado-gado biasanya disajikan bersama dengan lontong, namun bisa juga dengan nasi hangat. Untuk melengkapi kelezatannya, jangan lupa untuk menambahkan kerupuk dan bawang goreng garing. Lezat!

2. Kenyang Pagi Pagi Sarapan dengan Nasi Timbel

copyright by qraved.co

Nasi timbel adalah menu kuliner khas Sunda yang biasanya hanya disajikan di rumah makan khusus Sunda atau rumah makan yang khusus menyajikan masakan Sunda. Nasi timbel ini sebenarnya adalah nasi putih biasa, namun menjadi istimewa karena cara penyajiannya. Nasi putih yang masih panas lalu dibungkus daun pisang sehingga mengeluarkan aroma khas yang wangi dan gurih.

Nasi timbel akan makin lezat bila nasinya ditanak dari beras yang pulen dan berkualitas baik. Nasi timbel biasa disajikan dengan lauk tambahan seperti ayam goreng kuning, tempe goreng, tahu goreng, lalapan sayuran segar, mentimun, tomat, sambal dan kerupuk. Dijamin bikin air liur menetes! Bagaimana, makin penasaran bukan untuk mencoba menu lezat yang satu ini?

3. Jangan Ketinggalan zaman, Cobain Seblak khas Sunda yang lagi Trend

copyright by www.prima.co.uk

Baru-baru ini, ada sebuah menu kuliner khas Bandung yang mendadak jadi trend an banyak dibicarakan semua pecinta kuliner di tanah air. Apakah itu? Tak lain adalah seblak. Kepopuleran seblak terjadi nyari di semua kota besar di Indonesia dan banyak orang menjadi sangat penasaran untuk mencicipi menu pedas yang satu ini.

Apa itu seblak? Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus, lalu ditambah dengan aneka bahan tambahan seperti ceker, bakso, kikil, sosis hingga tulang ayam. Yang istimewa adalah bumbu seblak yang terdiri dari cabai rawit merah, bawang putih, garam dan kencur. Kencur inilah yang memberi aroma khas pada seblak sehingga berbeda dengan menu berkuah pedas lain.

Seblak disajikan panas dalam kuah yang merah menyala dan pembeli bisa memilih tingkat kepedasan yang diinginkan dalam hal campuran berapa cabai rawit yang akan diulek dalam bumbu. Seblak sangat nikmat disantap di tengah kota Bandung yang dingin dan membuat siapa saja yang pernah menyantapnya akan ketagihan.

5. Ngemil Cantik Surabi khas Bandung di Musim Hujan, perpaduan yang tepat

höfundarréttur af travelingyuk.com

Jika kota Solo terkenal dengan jajanan sedap serabi notosuman, Bandung juga punya kudapan sejenis, namun namanya sedikit berbeda. Surabi khas Bandung ini terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras sehingga mirip pancake.

Surabi dimasak dengan cara dibakar di atas cetakan khusus dengan tungku yang bahan bakarnya kayu atau arang sehingga wanginya sangat harum dan menggoda. Rahasia kelezatan surabi terletak pad acara memasaknya dimana menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat dan bahan bakarnya yang berupa arang atau kayu. Perpaduan ini menciptakan aroma dan rasa khas pada tekstur surabi yang dimasak.

Surabi yang dimasak dengan cara seperti ini terjamin keaslian citarasanya. Sebagai pelengkap, surabi bisa dinikmat dengan berbagai campuran topping seperti cokelat, keju, pisang, nangka, durian hingga gula jawa. Baru-baru ini bahkan ada inovasi surabi baru yaitu surabi yang diberi topping oncom.

5. Rasakan resep baru mengolah daging, Gepuk salah satu inovasi masakan khas Sunda

copyright by kuliner.panduanwisata.id

Kuliner yang satu ini unik dan tentunya sangat mantap citarasanya. Gepuk dibuat dari daging sapi yang diolah sedemikian rupa hingga terasa gurih, sedikit manis dan memiliki tekstur serat yang lembut. Cara membuat gepuk ini dimulai dari mengiris daging sapi searah dengan serat daging agar empuk, lalu daging direbus hingga setengah matang dan dipukul-pukul sampai lembut dan serat daging terburai.

Daging sapi yang sudah empuk itu lalu direndam ke dalam bumbu yang terdiri atas rempah-rempah, sedikit kecap dan gula jawa, santan lalu direbus di didihan air santan sampai airnya menyusut. Setelah gepuk matang, goreng dengan sedikit minyah hingga berwarna kecokelatan. Gepuk sangat pas disantap dengan nasi hangat yang mengepul dan sambal. Mantap!

Waaaa jadi makin laper yaa girls!!! Ternyata Masakan sunda enak-enak. Jadi kita mulai makan dari yang mana dulu nih?

Svipaðir innlegg

Skildu eftir skilaboð

Netfangið þitt verður ekki birt. Nauðsynlegir reitir eru merktir *